Makna Kehidupan

Kemaren saya iseng bertanya tentang suatu hal sederhana, kalau kita biasa makan malam pecel lele Rp 15 000 (anak kost) lalu suatu ketika kita ditraktir makan di restauran seharga Rp 300.000, berapa uang yang kita hemat?
 
Jawabannya beragam, ada yg bilang hemat Rp 15 000, Rp 300.000, lebih dari Rp 300.000 bahkan ada yang jawab malah tekor kalau tempat makan nya jauh dari kostan.
 
Semua jawaban betul, tinggal tergantung dari mana kita melihatnya. Dan juga banyak hal-hal lain dalam kehidupan ini yang tidak memiliki jawaban 100% benar, banyak pilihan-pilihan yang harus kita jalani dalam kehidupan ini. Jadi perbedaan presepsi, pilihan, sudut pandang itu adalah hal wajar. Itu yang pertama ingin saya katakan “Tidak ada jawaban yang paling benar dalam menjalani kehidupan ini, kecuali saat mengerjakan ujian semasa sekolah, tes CPNS, ujian IELTS, Toefl dan ujian sejenisnya”
 
Bahkan dulu salah satu dosen saya pernah berkata kepada saya:
 
Saya : Pak, tadi ko bapak ga nguji saya pas sidang
Dosen : Oh, saya takut kalau nguji kamu, nanti pertanyaan saya yang salah, jawaban kamu yang benar…
 
Sebuah jawaban yang dalam kawan….
 
Yang kedua yang ingin saya sampaikan adalah… bahwasanya nilai harta itu sangatlah relatif.. makan seharga Rp 15.000 sudah bisa bikin kenyang, makan seharga Rp 300.000 juga bikin kenyang.. Jadi apa perbedaan Rp 15.000 dan Rp 300.000 setelah masuk ke dalam perut..? Ya seperti itulah kehidupan ini, semuanya fana… apalagi bila sudah menyangkut harta…
 
Benarlah bila dikatakan bahwa, Harta kita yang sebenarnya tuh cuman ada tiga :
 
1. Pakaian yang kita pakai
2. Makanan yang kita telan
3. Harta yang kita infaqan
 
Meskipun begitu… Ya kalau ada yang mau traktir saya makan di restauran bintang 5, ya saya sih ga nolak juga… xixixixxixixii….
 
Selamat pagi semuanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s