Menikmati Hidup

Salah satu prinsip dari sekian banyak prinsip hiudp yang saya anut dalam menjalani kehidupan ini adalah:
 
Jangan membanding-bandingkan kehidupan kita dengan kehidupan orang lain untuk menggapai kebahagiaan..
 
Tapi buatlah suatu definisi bahagia untuk diri kita sendiri..
Karena standar kebahagiaan setiap orang itu pada dasarnya berbeda-beda.
 
Untuk menjelaskan hal tersebut, saya akan ulangi lagi cerita tentang nelayan yang sedang bersantai di Pantai dengan Pengusaha Kaya Raya.
 
Suatu ketika, di sisi pantai yang Indah, matahari baru saja meninggi di Ufuk Timur, Terlihat seorang nelayan yang sedang bersantai sambil ditemani sebatang rokok dan secangkir kopi. Lalu munculah seorang pengusaha ber jas, berdasi dengan tampilan gagah dan menawan. Pengusaha tersebut datang menghampiri sang nelayan tersebut.
 
P = Pengusaha
N = Nelayan
 
P : Sedang apa mas..?
N : Ini pak, sedang santai, menikmati rokok dan segelas kopi
P: Ga kerja pak?
N : Udah tadi pak, ikannya dah di jual
P: Ko kenapa sekarang malah santai, kenapa ga lanjut kerja lagi, hari kan masih panjang?
N : emang, buat apa kerja lagi pak?
P: Ya biar ikan tangkapan kamu bisa lebih banyak
N : kalau ikan tangkapan saya lebih banyak, terus kenapa?
P : Ya nanti uang kamu bisa lebih banyak
N : terus, kalau uang saya dah banyak, emang kenapa pak?
P : Ya kamu nanti bisa investasi beli kapal baru lagi, atau mungkin bisa nambah jadi dua, tiga empat, terus kamu sewa-sewa in
N : Emang kalau kapal saya dah banyak, kenapa pak?
P : Ya kalau kapal dah banyak, kamu bisa dapat uang lebih banyak lagi
N : Kalau saya dapat uang lebih banyak lagi, emang kenapa pak?
P : Ya.. nanti hidup kamu bisa lebih santai, lebih menikmati hidup.. kan uang kamu dah banyak
 
N: pak.. kalau hanya sekedar pingin santai dan menikmati hidup, ngapain pula sampai harus nyari duit banyak-banyak. Sekarang saja hidup saya dah santai dan tentu saya menikmati hidup…
 
N : saya lihat malah sepertinya bapak yang kurang menikmati hidup ini…
 
Sini pak, duduk dulu.. kebetulan saya bawa gelas satu lagi dan seteko kopi… mari kita nikmati pagi ini bersama-sama…
 
Selamat pagi semuanya…
Selamat menikmati hidup…

Tinggalkan Balasan

