Tantangan Toko Retail Modern

Ada empat hal yang saling kait berkait yang saya alami, rasakan, dan pikirkan beberapa hari terakhir ini.

Yang pertama adalah, hari ini saya berkesempatan untuk berkunjung ke salah satu kota di Indonesia yang sama sekali tidak ada Alfamart dan Indomaret.

Yang kedua adalah, sebelum berkunjung ke kota ini, saya sempet beli dua botol aqua di alfamart yang ternyata harganya lebih mahal bila beli di warung langganan saya

Yang ketiga adalah plastik yang tidak lagi gratis bila membeli di retail-retail modern.

Yang keempat adalah saya malas belanja di alfamart/indomaret bila ada tukang parkir yang jaga, masa cuman belanja 5.000 gw mesti bayar parkir 2000…

Dari keempat hal tersebut, saya lalu merenung bahwa ternyata bisnis toko retail itu berat bro, tantangannya sangat banyak sekali. Butuh strategi yang jitu dari pemiliknya agar mereka dapat terus bertahan menghadapi persaingan dan tekanan yang ada.

Tapi ya namanya juga hidup, menuntut kita agar terus berkreasi agar bisa terus bertahan.

Sebagai penutup, saya katakan bahwa inilah saatnya bagi pedagang-pegadang traditional untuk bangkit.. peluang untuk mengambil alih pasar terbuka lebar, contohnya adalah saya yang karena alasan-alasan di atas jadi makin males kalau harus belanja di alfamart dan indomaret…

Sekian…

 

 

Tinggalkan Balasan

