Dilema pendidikan agama

Saya bingung harus menulis darimana, karena bingung itulah maka paragraf pertama ini isinya ngalor ngidul kesana kemari. Dan tara… Jadilah satu buah paragraf yang isinya tidak jelas ini.
 
Oke, paragraf ke dua ini akan mulai masuk ke dalam inti permasalahan yang ingin saya curahkan. Pada kesempatan kali ini saya akan berbicara tentang pendidikan Agama pada remaja.
 
Banyak umat Islam yang kurang memahami tentang agamanya, Bila ditanya kenapa, akan banyak penyebab yang muncul, namun saya rasa inti dari semuanya itu adalah kurangnya pendidikan agama pada saat usia dini hingga remaja.
 
Masalah tersebut mungkin tidak akan muncul pada anak yang disekolahkan di Pesantren oleh orang tuanya, atau disekolahkan pada sekolah yang menerapkan kurikulum Islam Terpadu. Pada kasus tersebut, anak akan diajarkan tentang Islam sesuai dengan kurikulum yang telah dibuat sehingga pemahaman Islam yang diberikan akan sesuai dengan porsinya serta mengikuti tahapan-tahapan yang terukur.
 
Nah masalahnya adalah pada anak-anak yang tidak mengenyam pendidikan di Sekolah Islam terpadu ataupun Pesantrean, darimana mereka akan mendapatkan pengetahuan tentang ajaran Islam?
 
Bila hanya mengandalkan pada pelajaran agama di Sekolah yang cuman 2 jam perminggu, apakah akan cukup untuk memahami pokok-pokok dasar ajaran Islam? kapan belajar membaca Al-Qur’annya, kapan belajar do’a do’anya, Hafalan surat-surat, Hafalan Hadis, dsb?
 
Oke lah ada Taman Pendidikan Al-Qur’an, namun pertanyaannya, berapa banyak TPA yang masih aktif di tiap desanya? yang rutin memberikan pengajaran dengan kurikulum yang jelas dan terarah?
 
 Aduh, nanti lanjut lagi ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s