Shadaqah sebagai Solusi Mencukupi Kebutuhan Hidup di Dunia

Setelah menyandang status sebagai pekerja selama 6 tahun terakhir (dimana 2 tahun di dalamnya berstatus sebagai mahasiswa), saya mulai memahami istilah

“penghasilan yang kau dapat itu akan cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupmu, tapi tidak akan mampu memenuhi gaya hidup mu”

Jadi berapapun besar gaji yang didapatkan oleh seorang pekerja (baik bekerja bagi perusahaan org lain ataupun memiliki perusahaan sendiri), dia tidak akan pernah merasa puas. Semakin banyak pendapatan, maka semakin besar juga kebutuhannya.

Saat penghasilan kecil, mungkin motor astrea tahun lampau sudah cukup, namun bila penghasilan bertambah, avanza yang sudah ada digarasi pingin segera diganti dengan inova.
Dulu makan di pecel lele sudah terasa mewah, sekarang makan di warung steak, KFC, McD, PH sudah terasa hambar rasanya.

Demikian.. demikian dan demikian…..

Ibaratnya minum air garam, tidak akan menghilangkan dahaga, yang ada adalah makin haus.. haus .. dan haus…
Tentu saja ada cara untuk memutus rantai tersebut, caranya sederhana, namun akan amat berat untuk dilakukan bila tidak memiliki tingkat keyakinan yang kuat.

Caranya adalah dengan memperbanyak Shadaqah… Itu aja…

Jadi kalau dapat pemasukan, yang pertama dikeluarin ya zakat nya.. lalu selanjutnya adalah sisipkan sekian persen lagi untuk Shadaqah… Lalu berikan sadaqah itu untuk orang yg memerlukan, anak yatim, keropak masjid, pemulung, fakir miskin, dakwah dsb.

Semakin besar sadaqah yang anda keluarkan, maka anda akan makin merasa bahwa harta di dunia ini tidak ada apa-apa nya. Kalau biasa masukin keropak 1000 atau dua rebu, coba besok masukin 20 rebu, atau 50 rebu. Kalau lagi jalan terus ngeliat orang yang kesusahan, samperin dia, salamin sambil ditempel uang 100.000. Atau sekali-sekali bikin acara ngundang anak yatim, kasih makan, pulangnya kasih amplop, dan sebagainya.

Boleh percaya boleh tidak, bila itu dilakukan secara konsisten, maka nafsu anda terhadap dunia semakin lama akan semakin luntur. Anda akan merasa bahwa dunia ini hanya sementara, sehingga anda akan semakin bersyukur terhadap rezeki yang anda dapatkan..

Sebagai penutup, sesungguhnya, dari sekian banyak harta anda di dunia ini, yakinlah bahwa harta sebenarnya anda miliki itu cuman ada tiga..
1. Pakaian yang sedang anda kenakan saat ini
2. Makanan yang anda makan
3. Sadaqah anda sebagai bekal di akhirat
Selamat pagi semuanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s