Hasil riset dan Kebijakan

[Coretan Pagi]
14 hari menuju sidang.
Beberapa hari terakhir, saya banyak membaca tulisan di jurnal-jurnal nasional, banyaknya sih tentang sistem inovasi dan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan peran pemerintah-lembaga riset- dan industri dalam mendukung berlangsung nya inovasi di Indonesia.
Saya akui bahwa tulisan-tulisan itu isinya sangat berbobot karena di publish di Jurnal yang memang sudah terakreditasi. Tulisan yang ada banyak berdasarkan pengkajian tentang kondisi yang ada di Indonesia sehari-hari. Misalkan bagaimana kebijakan penelitian di Bidang pertahanan, potensi inovasi di IKM, inovasi untuk meningkatkan daya saing petani sayur dsb.
Lalu saya bertanya dalam diri saya, tulisan-tulisan itu apakah hanya selesai pada sebatas tulisan saja? tersimpan dalam database online atau di rak-rak perpustakaan. Apakah ada orang lain yang membaca tulisan-tulisan itu selain para peneliti lain yang juga sedang ingin menulis dengan topik yang mirip?
Maksud saya gini loh kawan…
Apakah para pemangku kebijakan, misalkan DInas terkait, kementerian, Bapeda, Bapens, Menristek atau apapun namanya itu, menggunakan hasil penelitian-penelitian tersebut sebagai bahan dasar mereka mengambil suatu keputusan?
atau
Apakah para dosen menggunakan hasil penelitian tersebut untuk menambah kaya materi ajar mereka?
atau
Apakah para praktisi industri menggunakan hasil penelitian itu untuk meningkatkan kualitas produk mereka, memperlebar pasar dsb?
Atau seperti saya bilang sebelumnya, tulisan-tulisan itu hanya tersimpan di data base atau perpustakaan-perpustakaan.
Padahal, Bila pemerintah, dosen, dan industri banyak yang memanfaatkan hasil penelitian tersebut dalam merencanakan sebuah kebijakan, materi ajar atau strategi, saya optimis bahwa iklim inovasi di Indonesia akan semakin baik ke depannya.
Lalu senior saya berkata pada saya
“Yang jadi masalah adalah, lebih banyak orang yang melakukan sesuatu berdasarkan katanya-katanya atau pun asumsi pribadi. Jadi pada akhirnya tulisan-tulisan itu memang tidak memiliki dampak yg cukup besar bagi perkembangan inovasi di Indonesia”
waduh, dah banyak aja..
Lanjut nanti lagi ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s