[Anda bertanya, gus karim Menajawab] Mendengarkan

[Anda bertanya, Gus Karim Menjawab]

Bagaimana kabar kalian semua, semoga baik-baik saja.. Walaupun dunia sedang gonjang ganjing, kalian jangan lupa minum air putih biar kulit tetap kencang ya..

Rasanya sudah lama saya tidak mengadakan majlis ini, bukan karena saya sombong atau sok sibuk, tapi beberapa minggu terakhir saya abis menjelajahi gunung untuk nyari batu, niatnya sih buat digosok sampai mengkilat, namun apa daya… Saya malah nemunya Batu Batre, ya jadi ga bisa digosok deh….

Jadi, apa pertanyaan anda malam ini..

(Murid) : gus, bagaimana ya caranya agar kalau saya ngomong, omongan saya tuh didengerin gitu, bukannya di cuekin apalagi di ledekin..

(Gus Karim): Wah, pertanyaan anda sangat bagus sekali.. Kalau saya punya duit, tak kasih duit dah barang selembar dua lembar, sayangnya duit saya abis buat kemaren nyari batu akik, jadi duitnya di khayalain dulu saja ya…

(Murid): ga apa-apa gus, yang penting ilmunya, harta itu hanya berguna sesaat, sedangkan ilmu itu sepanjang hayat

(Gus Karim): wah, makin pinter aja ente jawab, jangan pinter-pinter jadi orang ya, ntar bisa-bisa posisi saya kegusur sama ente.. xixixixxxi

(Gus Karim): Menjawab pertanyaan ente, ane punya sebuah istilah keren, ya serapan dari bahasa orang bule sono. Timing, ente tahu apa arti Timing? ane yakin ente mah ga tahu apa itu timing, ente mah tahunya harem, bahlul ma majnun doang…

Ente harus belajar bahasa orang bule ono, biar makin pinter kaya ane.. Nih ane kasih tahu ya, Timing itu artinya adalah pemilihan waktu, atau istilah kerennya moment.. aduh, salah ane ngasih istilah susah lagi, bakal tambah bingung dah ente.. Moment itu bukan teman nya si Boy ya, itu mah emont..

Jadi, kalau ente mau ngomong sesuatu, ente harus liat dulu suasananya, ngedukung ga, kondusif ga, nyaman ga, dsb.. Kalau waktunya dah pas buat ngomong, baru ente ngomong, kalau waktunya ga pas, ya jangan ngomong. Emang sih, kadang kala mulut nih gatel buat terus nyerocos, tapi ane kasih tahu ya, selain makin banyak omong bakal bikin banyak salah, makin banyak omong juga bikin orang jadi males dengerin ente..

Paham Ente…. !!!

Jadi, pemilihan momen itu sangat penting..

Misalkan, ente mau nasihatin orang biar dia rajin shalat. Ente jangan ngomong nya pas dia lagi rame-rame ma teman-temennya terus ente bilang ke dia

“ih, lu ga malu apa, dah gede jarang shalat. wati, masa si tono jarang shalat, jangan deket-deket ma dia deh, ntar ketularan ga shalat lagi.”

Wah, kalau ente ngomong gitu ke dia, bisa-bisa bukannya dia jadi rajin shalat, yang ada ente malah kena gaplok dah..

Atau saat di Kelas, jangan sampai anda bertanya

“pak, bagaimana mekanisme reaksi pembentukan karbohidrat dari glukosa? tapi ente nanya nya pas pelajaran sejarah, itu timing nya ga pas.. bukannya bakal dijawab, yang ada ente malah disuruh keluar dari kelas..

Timing juga berarti menentukan situasi yang pas untuk berbicara suatu tema tertentu. Misalkan, kalau lagi demo menolak BBM, ya anda bicaranya tentang kenapa BBM ga boleh naik. kalau lagi demo ttg BBM anda malah orasi tentang promo wisata ke pulau seribu, bisa-bisa anda diseret dari panggung lalu diarak keliling gedung DPR..

Nah, contoh lainnya, kalau cuaca nya sepoy sepoy kaya gini terus cerita yang santai, bukannya pada dengerin, yang ada malah pada tidur..

Ngomong-ngomong, ko majlis ini jadi sepi banget ya…?

Waseeemmmmmmmmmmmmmmmmmm……………
si otong, bukannya dengerin ane jawab pertanyaannya, dia malah asyik tidur…

Asem nih si otong…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s