Memasak di Adelaide

Alhamdulillah…
Selain di sibukkan dengan kegiatan menulis thesis dan juga kerja part time, Saya juga memiliki kesibukan lain yaitu menyiapkan masakan untuk pengajian yang diadakan di rumah.

Tentu tugas utama saya adalah menulis thesis, sehingga kegiatan itu menjadi prioritas utama saya selama di Adelaide ini (lalu ada yang nyeletuk, bukannya prioritas utama seorang muslim adalah ber-ibadah kepada Allah SWT..?.., bukan orang yang nyeletuk gini, ane kirim kameha-meha juga dah… djiiiiggggggggggggggggggggg…………..)

Sedangkan kerja part time ya tentu saja untuk menambah-nambah tabungan, karena setelah pulang Ke Indonesia saya harus menyiapkan banyak hal, seperti pindahan ke Lampung, persiapan kelahiran anak ke-2 (ya Allah, semoga lancar prosesnya), dan juga persiapan adik ku yang akan melepas masa lajangnya…

Dan untuk masalah memasak, ini hitung an sebagai sarana latihan dan juga sarana untuk menyenangkan orang lain…

Nah, karena memasak itu menjadi prioritas ke tiga, maka saya harus menyiapkan strategi yang handal agar kegiatan tersebut tidak menyedot waktu yang cukup banyak.. Salah satu strateginya adalah pilihan menu yang mudah, cepat di buatnya dan tentu saja enak..

Setelah beberapa bulan menyiapkan makan untuk 10-20, akhirnya saya menemukan beberapa menu paporit yang memenuhi tiga kategori tersebut. Berikut menu-menu andalan saya:

1. Semur daging

Saya hanya tinggal memblender Bawang merah, bawang putih, bawang bombay, di tambah merica, ketumbar, dan pala. dimana untuk merica, ketumbar dan pala sudah ada ekstraknya loh… komposisinya adalah ya terserah saya maunya semana.. hehehehehee

Setelah bumbu-bumbu tersebut menjadi halus, tinggal dilumurkan pada daging yang sudah dipotong-potong. Daging yang saya pilih adalah bagian Chuck steak, karena masih banyak lemaknya yang akan membuat rasa menjadi lebih nikmat… Sekali masak biasanya bisa sampai 2 kg…

Setelah itu, masak daging dengan menggunakan api yang sedang, jangan lupa tambahkan juga kecap sesuai dengan selera saya… Oh ya, Jangan Lupa Garam nya ya…

Biarkan proses tersebut selama kurang lebih satu jam, sambil sesekali di aduk.. Lalu matikan api, dan semur pun siap di santap. (ada yang bilang, ko ga ditambahi kentang?… jawabnya adalah karena saya malas ngupas dan motong-motong kentang.. wkwkwkwkww)..

Daging di sini yang emang dah empuk dari sananya, bercampur dengan manisnya kecap dengan paduan rempah-rempah yang hangat di jamin akan menggoyang lidah anda semua….

2. Ayam Bumbu kuning..

Bumbunya hampir mirip, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, merica, ketumbar, garam, gula merah, cabe kunyit dan jahe (terima kasih saya ucapkan pada pembuat bubuk kunyit dan bubuk jahe, anda telah mempermudah hidup saya. Campurannya…? ya suka-suka saya dong…wkwkwkwkw.. blender semua bumbu tersebut.

Ayamnya 2 ekor, sudah di potong-potong sama tukang daging, harganya sekitar 11,49 AUD.. kalau kita yang motong, di korting 50 cent.. wkwkkwkww, apal bo.. saking seringnya beli…

Lumuri daging ayam tersebut dengan bumbu halus, lalu tambahi air sampai semua potongan ayam tergenangi. Nah bumbu andalan saya untuk menu ini adalah daun lemon.. mau nyari daun lain, ko belum nemu-nemu ya… Lalu masak dengan api sedang selama 45 menit.. Setelah api mendidih, aroma nya yang mantap sudah akan memenuhi dapur anda.. Jangan lupa di aduk-aduk ya…

Biasanya itu cukup untuk 15 orang… Oh ya, kalau mau tambah gurih, tinggal tambahi santan satu gelas.. meleleh-meleleh dah tuh lidah….

wkwkwkwkww…

3. Sop Iga

Nah, ini menu yang baru saja saya merasa puas membuatnya setelah lebih dari 7 bulan mencoba memasak berbagai macam jenis sop daging..

Bumbu halusnya sama dengan memesak ayam bumbu kuning, namun yang beda hanyalah pada gula merah yang diganti dengan gula biasa dan kunyit yang di ganti dengan cinnamon…

Rahasia dari memasak sop yang mantap adalah, tambahi tulang ke dalamnya.. Jadi selain membeli iga 2 kg, saya juga membeli daging satu kilo. DImana Iga 2kg sekitar 18 AUD, dan tulang sekiloa seharga 2.99 AUD.. Masak selama 1 jam, lalu tambahi daun bawang..

Nah, kalau mau tambah sedap, tambahin potongan kentang dan Wortel..

Proses penyiapan bumbu hingga apa dinyalakan sekitar 30 menit, lalu saat api sudah mulai menyala, maka saya rapih-rapihkan sampah sisa memotong agar waktu nya efektif. Setelah itu masakan bisa ditinggalkan, sehingga saya bisa mengerjakan aktifivas lainnya.

Kalau ditambah motong-motong sayur, maka saya membutuhkan tambahan waktu sekitar 15 menit untuk menyelesaikannya..

jadi, begitulah pengalaman saya memasak, bagaimana dengan anda..?

Oh ya… saya sudah bisa memasak 2 menu secara simultan, yaitu ayam bumbu kuning dan sop iga. karena saya ngeblender bumbu halusnya barengan.. jadi lebih efektif deh… wkwkwkwkwk

Lumayankan, 20 AUD sudah bisa memberi makan 15 orang. kalau ke restauran, bisa habis lebih dari 100 AUD tuh…

Tinggalkan Balasan

