Karakter orang dalam Berorganisasi

Menurut saya, terserah kalau menurut kalian, dosen kalian, teman kalian, suami atau istri kalian… Pokoknya ini adalah menurut saya..

Dalam sebuah lingkungan pekerjaan, ada tiga karakter yang dimiliki oleh seorang pegawai. Bisa jadi dia hanya memiliki salah satunya, atau bisa jadi dia memiliki ketiga-tiganya. Karakter pemberi Ide, Karaktear Pemimpin dan Karakter Pekerja.

1. Karakter pemberi ide, tipe ini bisanya memiliki banyak sekali ide, Saat menghadapi sebuah permasalahan, dia dapat menganalisanya dengan cepat untuk selanjutnya memberikan beberapa opsi sebagai jalan penyelesaian masalah tersebut. Dia memiliki rencana A sampai Z yang mana rencana-rencana tersebut terlihat sangatlah keren. Orang dengan karakter seperti ini biasanya banyak bicara dan banyak komentar. Segala sesuatu akan dia amati lalu di komentari.

2. Karakter Pemimpin, tipe ini adalah orang yang pintar untuk memimpin banyak orang. Dia pandai sekali menarik simpati orang yang ada disekitarnya. Dia pandai menganalisa kompetensi seseorang sehingga dia dapat mengatur orang orang tersebut untuk menyelesaikan tugas-tugas yang ada.

3. Karakter Pekerja, tipe orang ini adalah orang yang pandai mengerjakan sesuatu yang diperintahkan kepada dia. Saat diberi kan tugas, dia dapat mengerjakannya dengan cepat dengan hasil yang memuaskan.

Karakter tersebut dapat berdiri secara sendiri, ataupun juga bisa dikombinasikan dengan karakter-karakter lainnya. Satu karakter dan karakter lain akan saling melengkapi sehingga akan menghasilkan hasil yang optimal. Bila dalam sebuah organisasi tidak ada salah satu karakter tersebut, maka laju organisasi akan terhambat.

Bila seseorang hanya memiliki karakter pemberi Ide, maka setiap hari kerjaan dia hanyalah mengkritik sana sini, bicara tentang banyak hal tanpa tahu bagaimana cara mengimplementasikan hal tersebut dalam dunia nyata. Begitu juga seseorang dengan yang hanya memiliki karakter pemimpin, kerjaan dia hanya mengatur orang-orang untuk mengerjakan banyak hal, namun setelah dikumpulkan ternyata pekerjaan pekerjaan itu tidak sinkron satu dengan yang lainnya. Begitu juga dengan karakter pekerja, saat tidak diberi perintah maka dia akan diam saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s