Open House Masjid Raya Adelaide

Dalam rangka mengenalkan Islam kepada masyarakat sekitar, Lebanese Muslim Association berinisiatif mengadakan kegiatan “open house” (kalau di terjemahkan ke bahasa Indonesia jadi ga enak bacanya, masa jadi buka rumah, ka ga keren banget) Masjid Omar bin Alkhattab. Kegiatan kali ini bertema “Hand in hand, we make a difference. Discover more about Muslim at your local Mosque”. Kegiatan banyak sekali, ada Seminar tentang apa itu Islam, Keliling kompleks masjid, Barbeque, dan ada juga kegiatan bermain untuk anak-anak.
Kebetulan saya tinggal tepat di samping masjid, jadi saya bisa mengamati secara langsung kegiatan tersebut. Kegiatan dimulai pada pukul 10 pagi, di depan gerbang masjid sudah disediakan meja informasi yang memberikan panduan kepada para pengunjung tentang kegiatan yang berlangsung. Di dalam masjid, sudah tersedia kursi-kursi bagi para tamu yang ingin mendengarkan paparan tentang Islam. Pada saat saya datang, cukup banyak juga peserta yang khusyu mendengarkan materi yang disampaikan oleh pemateri. Ceprat-cepret, saya abadikan suasana kegiatan tersebut melalui kamera handphone sebagai kenangan nanti saat saya kembali ke Indonesia.
Setelah itu saya bergerak ke arah Aula yang telah diisi dengan berbagai macam hidangan yang memanjakan mata dan melaparkan perut. Di sana sudah banyak orang yang berdiri sambil mengamati dinding ruangan. Yup, mereka melihat-lihat dinding, untuk apa? Mungkin anda heran, kenapa orang-orang tersebut melihat-lihat dinding, apa sih yang menarik dari dinding. Bila sudah saya jelaskan, maka anda jangan heran lagi ya..! Oke, tarik nafas dulu yang dalam, lalu buang perlahan-lahan.
Jadi, dinding aula tersebut dipenuhi dengan poster-poster yang berisi tentang sejarah dan apa itu islam. Disana dijelaskan juga siapa itu Ibrahim, Musa, Nuh, Isa dan tentu saja Nabi Muhammad SAW. Semuanya dalam bahasa Inggris, sebagai contoh adalah nabi Nuh yang ditulis dengan nama Noah. Waktu saya pertama kali baca, saya kira itu poster berisi tentang lagu-lagunya om Ariel… Eaaaaa….. Jadi, sambil menikmati hidangan yang telah disajikan, mereka dapat mempelajai apa itu Islam, bagaimana sejarah Islam dan apa saja ajaran Islam yang membedakannya dari agama lain. Saya tidak sempat menyicipi kue-kue yang tersedia, karena perut saya masih penuh….. Eaaaa…… Padahal mah ada tujuan lain, mau tau apa…? stay tune di status saya kali ini.
Beranjak ke taman belakang, disana sudah bediri dengan megahnya sebuah kastil yang terbuat dari plastik yang diisi oleh udara. Tuh lihat, plastik aja di kasih udara bisa ngembang jadi kastil, apalagi hati kamu kalau di kasih cinta, bakal jadi istana yang megah untuk mengisi kehidupan bersama… eaa….eaaa…..
Jadi disinilah lokasi anak bermain, itu anak pada lucu-lucu amat ya, bikin makin kangen ma anak di rumah. Eh.. eh.. eh, itu muka anak-anak pada diapain ya? Ko ada kupu-kupunya… eh yang itu malah di pipinya ada warna-warni..? ko bisa ya? Bagaimana caranya? Ternyata ooh ternyata, di pojok taman ada sebuah stand yang berlogo “menerima jasa lukis tubuh” kalau pk B.inggris jadi “Body painting”… Yup, jadi anak-anak itu terutama anak perempuan sangat senang sekali bila wajahnya di lukis dengan berbagai macam bentuk, aduh makin tambah kangen sama anak.. Soalnya dulu juga saya seneng nge-lukisin tangan anak saya pake spidol, tapi biasanya abis itu saya bakal di marahin sama ibunya anak… Hehehehheee….. Kenapa di marahin? Soalnya saya bukan ngelukis, tapi nulis di tangan anak saya “Abi ganteng” hahahahahhaa
Sebagai penutup kunjungan, saya segera mengunjungi stand yang menyajikan….. apa coba…? ayo… apa coba…? yoi….. Barbeque… hehehehhee… sepotong sosis harum ditambah dengan potongan bawang bombai bakar dan diolesi dengan saus barbeqeu membuat perut saya memberontak tidak karuan… agar mereka tidak terus memberontak, maka saya adakan referendum… Barbeqeu atau roti…? ternyata mereka memilih yang harum-harum…
Sambil berjalan kembali ke rumah yang hanya berbatas pintu, saya nikmati potongan daging tersebut sedikit demi sedikit… Bunga mawar yang indah di taman rumah menemani saya menikmati siang yang cerah…
Selamat sore semua

Tinggalkan Balasan

