Obrolan Lepas : Reposisi Balai Industri

Karena frustasi abis Ngotak-ngatik telescope buat liat bintang yang pada akhirnya tidak mem-fruit-kan hasil, akhirnya untuk mengobati kekecewaan atas kegagalan tersebut maka saya melampiaskannya dengan menulis ngalor-ngidul. Salah satu nya adalah tulisan sebagai berikut
Pada hari selasa tanggal 24 november 2014, kami peserta kuliah Double Degree IPB-UniAdelaide mendapatkan kunjungan dari kepala Pusdiklat Industri. Kedatangan beliau adalah untuk memastikan bahwa kami semua berada dalam kondisi yang baik dan juga sambil memberikan motivasi kepada kami semua sebagai “agent of change” bagi kementerian perindustrian.
Dari sekian banyak pesan yang beliau sampaikan, salah satu yang sangat berkesan bagi saya adalah “reposisi balai industry”. Beliau bercerita tentang kesuksesan melakukan reposisi di sekolah-sekolah, akademi-akademi dan balai diklat yang berada di bawah pusdiklat. Reposisi yang dimaksud adalah menjadikan instansi-intansi tersebut sebagai pusat pelatihan untuk menghasilkan tenaga kerja yang kompeten pada suatu bidang industry tertentu. Dengan kerja keras yang tidak mudah, sekarang industry sudah mulai mengantri untuk mendapatkan tenaga trampil hasil didikan instansi-instansi tersebut.
Lalu beliau berkata kepada kami yang berasal dari balai penelitan “sudah saatnya kalian menularkan/menyampaikan ide kepada kawan, rekan kerja dan juga pimpinan agar balai penelitian-balai penelitian yang berada di bawah kementerian perindustrian melakukan reposisi” Jangan lagi berkutat pada pencarian PNBP, audit atau-pun hal lain yang bukan menjadi core utama Balai Penelitian. Balai penelitian harus mulai menempatkan dirinya sebagai pusat penelitian yang mampu mendukung pengembangan teknologi bagi industry yang ada di sekitarnya.
Selanjutnya beliau berkata bahwa melakukan reposisi itu tidak mudah, hambatan bukan hanya akan terjadi dari eksternal kantor namun juga dari internal. Namun kalian tidak boleh patah semangat menghadapi rintangan tersebut, itu semua seharusnya malah menjadi motivasi lebih bagi kita-kita untuk bekerja lebih keras dan cerdas.
Kedepannya beliau berharap, peneliti pada balai penelitian menyiapkan proposal penelitiannya berdasarkan atas permintaan dari industry, sehingga hasil yang diperoleh dapat langsung di terapkan oleh mereka. Pada awalnya ini akan terasa berat, karena masing-masing masih menjaga jarak, namun bila komunikasi terus dilakukan secara intensif dan kita mampu memberikan nilai lebih bagi mereka, maka kedepannya Industri yang akan mencari kita.
Masih banyak nasihat yang beliau sampaikan, namun karena saya sudah mengantuk maka saya cukupkan kultum saya malam ini.
Selamat malam
Piss, Love and Ganool

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s