Harapan untuk presiden Baru 2014-2015

Tanpa bermaksud mendahului keputusan MK, maka izinkan saya (sekali lagi) mengucapkan selamat kepada bapak Jokowi yang sepertinya pada bulan oktober nanti akan secara resmi menjadi president Indonesia priode 2014-2019. Ada sedikit refleksi yang ingin saya tuliskan menyambut terpilihnya bapak Jokowi sebagai president.

Terpilhnya bapak tentu saja bukan hanya karena kerja keras bapak sendiri, begitu juga saat bapak nanti mulai menduduki kursi presiden. Bapak tidak akan bekerja sendiri tapi akan dibantu dengan orang-orang kepercayaan yang menurut bapak dapat mendukung terlaksananya program-program yang telah bapak buat tersebut.

Karena bapak berasal dari PDIP dan didukung oleh partai yg beberapa tahun terakhir berada di luar pemerintahan (kecuali PKB), tentu saja akan banyak terjadi perubahan-perubahan baik itu menyangkut SDM, kebijakan, visi, cara kerja dan sebagainya. Orang-orang lama akan tersingkir dan digantikan dengan orang-orang baru.
Disinilah tantangan yang akan bapak hadapi, suatu perubahan yang radikal akan menghasilkan keberhasilan yang spektakurel atau bisa jadi penurunan yang dahsyat. Tidak ada jalan tengah bagi perubahan, karena buat apa berubah bila toh ternyata hasilnya sama saja?

Sebagai gambaran pak, selama 10 tahun bapak SBY menjabat sebagai president, telah banyak prestasi yang dia torehkan (walaupun masih ada kekurangan disana-sini). Yang paling mendasar adalah peningkatan kualitas pendidikan kita (terutama dalam hal anggaran). Sekarang guru-guru sudah lebih sejahtera dibandingkan dengan zaman umar bakrie dahulu. Anak tukang becak bisa mengenyam pendidikan di Universitas negeri secara gratis. Makin banyak beasiswa untuk tingkat S2 dan S3. Serta hal positif lainnya di bidang pendidian.

Begitu juga bidang kesehatan pak. Dengan adanya BPJS, seluruh rakyat bisa menikmati fasilitas kesehatan secara gratis (tentu saja harus terdaftar terlebih dahulu, dimana preminya relatif murah bahkan untuk beberapa orang bisa gratis). Jarang terdengar lagi kasus busung lapar dan lain sebagainya.

Begitu juga dengan sarana transportasi, pembangunan double track jakarta-surabaya, jalur kereta medan-kualanamu, revitalisasi pelabuhan, dan pembangunan infrastruktur lainnya yang relatif lebih cepat (walaupun kecepatan jumlah kendaraan melebihi kecepatan infrastrukturnya).

Pak Jokowi, tugas anda sangat berat. Anda harus melebihi prestasi yg telah dilakukan pak SBY, jangan kecewakan para pendukung bapak yg sangat fanatik tersebut yang rela membela bapak dengan jiwa raga mereka. Kasihan mereka pak kalau sampai bapak hanya menjadi presiden yg biasa-biasa saja, mau ditaruh dimana muka mereka kalau ternyata kinerja bapak jauh di bawah pak SBY.

Oh ya pak, saya bukan pendukung bapak, bahkan saya orang yg sangat menyangsikan kemampuan bapak sebagai presiden. Jadi bekerjalah dengan baik, bawa Indonesia lepas landas menuju kejayaan sehingga rakyatnya sejahtera. Bila itu bisa bapak lakukan, tentu saja itu akan membuat saya menjadi malu, mungkin saya akan malu untuk menunjukkan wajah saya di FB karena pernah meremehkan kemampuan bapak. Tapi ga apa-apa saya malu asal rakyat bisa jadi sejahtera.
Udah segitu dulu pak, kalau banyak-banyak, takut ga ada yang baca.
Demikian tulisan ini… Selamat bertugas pak…
Salam tiris dari negeri seberang…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s