Curhat “Tidak percaya diri “

Jadi ceritanya…
Ini saya mau curhat.. Serius.. Ini curhat..
Kalau dulu saya curhat sama buku diare… eh maksudnya diary, nah kalau sekarang saya curhat sama wall Facebook. Kalau dulu tuh buku diary saya umpetin2 biar ga ada yang bisa baca, kalau sekarang saya curhat agar semua orang bisa baca. Itulah dunia, dulu dan sekarang bisa berbeda. Dulu menolak, sekarang menerima. Dulu benci, sekarang cinta. Dulu sebel sekarang rindu.. Oh itulah deritanya asmara… Eaaaa…Eaaaa….. Eaaa……
Bagi anda-anda yang suka baca isi FB saya, mungkin kalian-kalian tahu salah satu kelemahan saya adalah dalam kemampuan berbicara. Bahkan dalam B.Indonesia pun saya kadang merasa tidak PD saat harus berbicara di depan umum, hal itu bisa dilihat bila saat sedang presentasi maka kecepatan saya akan meningkat sehingga pengucapan kata demi kata menjadi tidak jelas.
Itu baru dalam B.Indonesia, apalagi dalam B.Inggris. Saya akui bahwa kemampuan berbicara saya dalam B.Inggris masih jauh dari level standar, kata-kata sederhanapun saya masih suka sulit untuk mengucapkan dengan benar apalagi kata yang pengucapannya sangat sulit. Hal itu diperburuk lagi dengan kepercayaan diri saya yang tiba-tiba menghilang, maka lengkaplah sudah perjuangan saya untuk mengucapkan suatu kalimat dalam B.Inggris.
Nah, sudah enam minggu saya tinggal di negara yang mayoritas berbicara B.inggris, saya merasa ada peningkatan namun….. Saya juga merasa tertekan. Bukan dalam kehidupan sehari-hari, karena toh kalau salah tinggal dibetulkan lagi, dan kalaupun salah ga bakal sampai membuat gagal. Nah yang membuat saya cukup tertekan adalah dalam dunia akademik.
Saya ga tahu ini dialami oleh banyak orang atau hanya kasus saya saja, namun berdasarkan cerita penasihat kuliah saya, kasus ini hampir terjadi pada semua orang yang berasal dari negara bukan pengguna B.inggris sebagai bahasa sehari-hari. Ntah mana yang benar, mungkin ada yang bisa berbagi lebih banyak dengan saya?
Saya merasa kepercayaan diri saya dalam Berbahasa sedikit limbung dalam beberapa hari terakhir. Kenapa..? karena saya tidak bisa mengekspresikan diri saya secara sempurna dalam dunia akademik, banyak hal yang saya miliki didalam kepala ini namun tidak bisa saya keluarkan karena saya tidak percaya diri dengan kemampuan saya sendiri. Sebagai contoh adalah saat kerja kelompok, seluruh anggota group saya sangat fasih berbahasa inggris, sehingga saat sedang berdiskusi saya lebih banyak diam. Saat saya mulai berbicara, jantung saya berdetak lebih cepat, nafas terengah-engah, konsentrasi saya menghilang. Dan pada akhirnya… Bumm…Bumm…bumm…. ide saya hilang, kepercayaan diri saya turun.
Oke.. kenapa saya curhat panjang lebar di status saya.. Kali saja ada teman-rekan semua yang pernah mengalami kasus seperti saya, mohon bimbingannya… Namun via Inbox saja ya..
Udah gitu dulu saja curhatnya…
Selamat malam semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s