Jalan-jalan ke Taman Mini Indonesia Indah

Jadi ceritanya pada hari ini saya mengajak anak dan istri jalan-jalan ke Taman Mini Indonesia Indah disingkat jadi TMII. Karena saya tidak punya mobil pribadi, maka saya menggunakan sarana transportasi umum untuk menuju ke sana. Rencana pun disusun dengan matang agar wisata kali ini bisa mengasyikkan dan menyenangkan.

Perjalanan diawali dari rumah, saya menggunakan motor untuk pergi ke stasiun. Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 20 menit, cukup lancar karena sepertinya orang-orang lebih senang menghabiskan akhir pekan di rumah dibandingkan pergi ke luar. Setelah membeli tiket (Rp 8000 termasuk uang jaminan sebesar Rp 5000 yang akan dikembalikan bila kita menyerahkan kembali tiket tersebut kepada petugas di loket) dan juga “snack”, kami bergegas ke jalur yang telah ditentukan untuk menunggu kereta yang akan kami tumpangi.

Kurang dari 15 menit, kereta memasuki statuiun Bogor, kami memasuki kereta dengan hati riang gembira. Kereta tidak terlalu penuh sehingga kami masih mendapatkan tempat duduk yang kosong. Tidak berapa lama kemudian, kereta meninggalkan kota Bogor dengan penuh kenangan (apeeeeeee lagi). Stasiun yang kami tuju adalah Tanjung Barat, dari Bogor membutuhkan waktu kira-kira 40 menit. Pada awalnya, anak saya sedikit ketakutan dengan bunyi kereta dan juga suara pintu saat terbuka dan tertutup, namun pada akhirnya anak saya tetap saja masih takut bahkan hingga pulang ke Bogor pun dia masih ketakutan saat mendengar suara pintu.

Sesampainya di stasiun Tanjung Barat, saya menyeberang ke arah kiri. Sebagai amunisi di TMII, istri saya membeli dua bungkus nasi. Lalu setelah menyelesaikan transaksi dengan pemilik sekaligus pelayan sekaligus kasir, kami menaiki taksi menuju ke TMII. Saya mengeluarkan ongkos untuk taksi sebesar Rp 40.000 dan ditambah Rp 8.500 biaya tol untuk menuju ke TMII.

Sempat tersendat macet namun tidak terlalu prinsip, kami sampai di TMII hanya dengan kurang dari 20 menit. Wah, ternyata TMII tidak terlalu banyak berubah. Alhamdulillah walau Jakarta sering terserang banjir, namun Pulau-pulang yang ada di TMII tetap dapat terlihat dengan utuh. Dari Aceh sampai Papua semua terlihat terawat, dalam hati kecil saya berkata “semoga Indonesia ku akan selalu utuh seperti pulau-pulau di TMII”.

Banyak sekali kendaraan yang parkir di sepanjang jalan, di sampingnya terlihat keluarga-keluarga yang sedang bercanda tawa. Ada yang “mengampar” tikar, berlari-larian, makan bersama atau pun hanya berdua-duaan sambil bermesra-mesraan. Rindang nya pohon membuat suasana TMII semakin menyenangkan.

Saya tidak mau kalah dengan mereka, saat menemukan “spot” yang bagus, saya buka perbekalan yang telah saya siapkan. Sungguh nikmatnya hidup ini, duduk di atas rumput sambil memandangi kepulauan Indonesia, ditemani oleh anak istri dan dilengkapi sesuap nasi serta minuman yang berenergi. “Maka nikmat tuhan mana lagi yang kamu dusta-kan”.

Setelah berkeliling-keliling melihat bangunan-bangunan yang ada, kami pun bergegas untuk pulang. Maklum kami tak bawa kendaraan pribadi, jadi bila turun hujan akan membuat saya dan istri menjadi kerepotan untuk menjaga si buah hati.

Perjalanan pulang sama dengan perjalanan pergi, naik taksi dan dilanjutkan dengan kereta. Saat sedang duduk menikmati perjalanan pulang, istri tercinta berkata :

“Ah, enak juga ya kalau punya mobil pribadi. ga perlu naik turun kendaraan seperti saat ini. Barang-barang bisa ditaruh di mobil, kalau anak mengantuk tinggal ditidurkan”

Lalu saya jawab:

“Insya Allah kalau ada rezekinya. ingat, kita membeli sesuatu karena kebutuhan dan juga karena kemampuan”

Istri saya:

“Iya aa.. kita selesaikan satu persatu, tapi walaupun begitu, naik kendaraan umum saja sudah sangat menyenangkan. Terima kasih ya aa”

Kereta pun terus melaju, menjauhi kota Jakarta dan segala kemewahan-nya.

Selamat sore semua

Tinggalkan Balasan

