Bahasa Indonesia

Seperti biasa, perjalanan rumah-kampus selalu membawa inspirasi bagi otak saya. Hal-hal baru yang tidak terpikirkan muncul dengan sendirinya, walaupun tidak penting juga sih.

Nah, pagi ini tiba-tiba saya kepikiran tentang pemberian nama menggunakan B.Indonesia dan bedanya dengan bahasa Inggris. Saya rasa nenek moyang kita adalah orang yang sederhana, memberikan nama pada sesuatu sesuai dengan perwujudannya.

Sebagai pembuka adalah MataHari. Bila dalam B.Inggris disebut dengan SUN, maka dalam B.Indonesia dia adalah gabungan dari kata Mata dan Hari. Mata merujuk pada organ tubuh yang digunakan untuk melihat, jadi Mata disini ditujukan bahwa Matahari itu selalu melihat kita (karena dia di atas) dan kata Hari digunakan karena Matahari muncul setiap hari. Nah, kenapa orang Inggris sana memberi nama SUN bukan EyeDay?

Kata kedua adalah Airmata. Air merujuk pada bentuk yang keluar sedangkan Mata merujuk pada tempat darimana air tersebut keluar. Dalam B.inggris tidak disebut dengan eyewater, namun diberi nama tear. Sederhana sekali kan pemberian nama oleh nenek moyang kita.

udah… gitu doang..

Selamat pagi semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s