Evaluasi Pileg 2014

Kampanye telah usai, pemilu telah usai, quick count masih bergulir namun rasanya tidak ada perubahan yg terlalu signifikat. Ada beberapa hal yg ingin saya komentari:

1. Untuk anda yg memilih untuk tidak memilih karena berbagai alasan, terima kasih. Meskipun anda merasa bahwa anda tidak memilih, namun pada kenyataannya anda tetap memilih. Suara anda akan terdistribusi kepada partai-partai peserta pemilu.

2. Ternyata tidak ada partai dengan suara yg sangat dominan, diprediksi pemenang pemilu kali ini hanya akan meraup suara maksimal 20%. Angka yang sangat sulit bila anda menjadi partai penguasa. Akan banyak kebijakan-kebijakan anda yg tertahan di DPR. Yang paling berat tentu saja bagi para PNS yg hilir mudik ke DPR untuk “konsultasi”. Harus banyak fraksi yg di “lobi” sebelum sebuah kegiatan dapat berjalan. Ya pilihannya ada 2, anggaran jebol, atau kegiatan tidak jalan. hehehehe.

3. Ternyata Jokowi tidak terlalu berpengaruh terhadap pilihan masyarakat terhadap PDIP *bila dibandingkan dengan survei2 yg ada. PDIP tetap di angka antara 18-20. Artinya tidak ada perubahan yg berarti. Atau bisa jadi jokowi sebenarnya berpengaruh, yg salah adalah survei2 yg ada. Bisa jadi, sebenarnya suara PDIP pada awalnya hanya 14% (sama seperti pemilu 2009), namun dgn adanya jokowi maka suara PDIP naik 4%.

4. Yang saya tidak sangka adalah PKB yg mampu rebound, dari pediksi hanya 4-6%, ternyata mampu berkisar di angka 8-10%. Ada beberapa teori; bisa jadi karena starategi multi capres yg memajukan nama Mahfud MD dan juga rhoma irama. Atau bisa jadi kemampuan cak imin untuk meyakinkan Kiai-kiai NU untuk kembali memilih PKB.

5. PKS, setelah diterpa serangan media selama hampir 1 tahun terakhir karena kasus yg ga jelas, angka 6-8% merupakan suatu prestasi yg patut diacungi jempol. Walaupun melenceng jauh dari target 3 besar. Yang menarik adalah persebaran suara yg tidak lagi terpusat di pulau jawa dan kota-kota besar. Namun sekarang suara Partai ini hampir merata merambah daerah-daerah luar jawa. Bisa jadi ini karena efek positif dari kebijakan menteri-menteri PKS yg banyak menggulirkan program-program untuk daerah2 luar pulau jawa. seperti bantuan petani, bantuan rumah, dan layanan komunikasi di kecamatan-kecamatan.

Yang tidak disangka adalah kekalahan di Jawa Barat yg notabenya adalah basis PKS. Saya rasa ini terjadi karena kebijakan aher yg tidak menyentuh org2 perkotaan. Sehingga kinerja dia tidak dirasakan oleh tipikal pemilih perkotaan. Padahal kantung suara jawa barat ada di kota-kota besar.

6. Untuk capres: ada banyak skenario yg bisa terjadi. salah satu skenario yg paling mungkin adalah PKS-Gerindra. Saya harapkan pasangan yg terbentuk adalah Prabowo-Anis matta. Jawa-luar jawa, Militer Sipil dan yg paling utama adalah, kalau mereka terpilih, ibu negara tetap ada 2. heheheheh

7. kalau golkar legowo, saya rasa pasangan golkar-pan. JK-hatta cukup layak untuk dimajukan.

8. Saya punya feeling, jokowi tidak jadi maju sebagai president. hanya feeling saja sih. .

9. Hanura mengalami dilema yg besar, WIN-HT sudah mendeklarasikan untuk menjadi pasangan capres-wapres. namun dengan perolehan suara yg tidak signifikan, saya rasa mereka berdua tidak akan bisa maju menjadi capres-cawapres. pilihan logsinya adalah koalisi dgn PDIP memasangkan Jokowi-HT. itupun kalau wiranto legowo.

10. yg posisinya cukup sulit adalah demokrat. dengan suara hanya 10%, menjadikan nilai tawar mereka menjadi tanggung. Mereka tidak punya capres potensial yg bisa dimajukan. kecuali kalau mereka hanya mau jadi cawapres. kecuali demokrat mau berkoalisi dengan golkar dan mencalonkan SBY sebagai Cawapres. lalu golkar memajukan JK. jadi pasangan JK-SBY.

11. jadi prediksi saya akan ada 3 kubu : Gerindra-PKS-PPP. Golkar-demokrat- nasdem. PDIP-PKB-Hanura-Pan.

Kita lihat saja dinamika politik 1 bulan ke depan

Selamat malam semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s