Framing Media

Sungguh luar biasa efek framing media dalam menyikapi suatu hal. Saya jadi teringat salah satu materi waktu dulu mengikuti kursus jurnalistik. Pemateri memberi ttg perang prancis-inggirs “Pada masa akan berakhirnya perang, saat itu ada sekelompok pialang saham di Prancis membuat isu bahwa Napoleon mengalamai kekalahan di medan tempur. Efek nya luar biasa, para pemegang saham menjual sahamnya dengan harga obral, lalu, kelompok yg menghembuskan hal itu membeli saham-saham tersebut. Ternyata..oh ternya… Napoleon pulang dengan membawa kemenangan, harga saham kembali meroket dan sekelompok pialang tersebut mendapatkan untung yang sangat besar.*kisah lengkapnya saya kurang hafal.

Sama seperti sekarang ini, apa coba maksudnya capres2 yg lain disuruh mundur, seolah-olah si bapak pasti menang? saya berani berkata bahwa itu hanya sekedar framing saja, gertak sambal.Meskipun kata survey2 elektabilitasnya bisa 30%, ada yg bilang 40%, bahkan 60%, tapi kan perangnya itu tanggal 9 juli nanti. Jadi semua kemungkinan masih ada.

Untuk para pemain poker, keadaan seperti ini lah yang membuat permainan menjadi makin asyik. Adu gertak dan strategi akan makin meningkatkan adrenalin.

Menurut saya, dengan pengumuman ini, setidaknya peta pertempuran semakin jelas. Jadi langkah-langkah yang harus dilakukan oleh masing-masing calon akan makin terukur.

Dulu aja, pas survey posisi aher jauh di bawah, begitu juga bima arya kalah olah rukyat aim, ridwan kamil pertama kali dideklarasai juga cuman belasan persen, pilkada DKI pada awal survey pak kumis nyampe 40%. Tapi pas kotak suara dibuka, hasil nya berbeda dari survey. Jadi, buat apa gentar dengan klaim-klaim media.!!!

Saya punya keyakinan, si bapak itu akan kalah. Apa alasannya..? saya tidak perlu alasan untuk mengatakannya. Jadi bagi teman-teman saya di seluruh penjuru dunia, bila anda punya jagoan selain si bapak itu, kuatkan keyakinan anda, karena dari keyakinan itulah kemenangan akan datang.

Dimana posisi saya? sekali lagi saya katakan, saya adalah PNS, dan karena si bapak sudah menjadi capres dan ada peluang menjadi bos saya kelak, maka posisi saya netral. Dari pada nanti saya diparkir jadi tukang benerin kabel..wkwkwkwkkw

selamat siang semua

One thought on “Framing Media

Tinggalkan Balasan

