Perjuangan Mengasuh Anak

Salah satu perjuangan “terberat” yang saya emban sebagai ayah dalam mengasuh anak adalah pada saat harus mengganti pokok. Bukan pada saat memakaikan pokoknya yg menjadi masalah sebenarnya, namun proses membuka popok lah yg membutuhkan kesabaran dan ketabahan.

Saat anak terlihat gelisah, ada 3 kemungkinan yang mungkin terjadi:
1. Pup/pee
2. Lapar/haus
3. Sakit.
4. Bosen/lagi manja

Jadi bila anak terlihat gelisah, langkah pertama adalah cek popoknya, apakah ada “selai” di dalamnya? bila tidak ada, langkah ke dua adalah beri dia minum/biskuit dan ingat2 kapan terakhir anak diberi makan. Bila langkah ini belum juga berhasil menyelesaikan masalah, maka segeralah gendong anak anda dan bawa jalan2. Bila langkah2 tersebut belum juga meredakan kegelisahan anak, artinya ada yg tidak baik pada anak anda, apakah badannya panas? mencret? keluar bintik2? atau hanya sekedar digigit nyamuk?

Nah, saya hanya akan membahas sampai pada tahap 1 saja, yaitu karena pee/pub.

Ini adalah perjuangan berat karena pada sobekan pertama pampers (oh ya, sisi kanan dan kiri pampers mudah disobak), akan segera tercium aroma semerbak dan wangi, begitu bagian satu lagi disobek, maka aroma akan semakin menyengat. Dan begitu pampers telah dilepas maka saat itulah puncak aroma harum mewangi menyebar ke seanatro ruangan.

*kenapa menjadi berat untuk saya, jadi lambung saya ini mudah berkontraksi bila mencium aroma-aroma semerbak, lalu akan ada sesuatu yg keluar dari dalam lambung tersebut, semakin semerbak artinya semakin banyak yg keluar. Bahkan bisa sampai terasa pahit. ko jadi curhat ya. hehehehe..

Tugas belum selesai, anda harus memastikan bahwa anak anda telah bersih dan tidak ada lagi yang “nyelap”,usahakan beri sabun, bilas dan cek kembali. Nah sampai tahap ini pekerjaan sudah menjadi mudah. Keringkan anak anda (cukup pakai handuk, tidak perlu paka pengering mesin cuci apalagi disemport hair dryer), setelah itu pakaikan pampers baru, dan juga celana. Maka anak anda siap untuk bermain kembali.

Meskipun begitu, saya senang melakukannya karena itu adalah sebagai salah satu bentuk penyampaian kasih sayang kepada anak. Dan tentu saja kebahagiaan sebagai orang tua adalah pada saat melihat anak tersenyum riang gembira.

Epilog

Nah.. dari hal inilah saya makin sadar betapa beratnya perjuangan orang tua dalam membesarkan kita, dan mereka melakukannya secara ikhlas dan tanpa pamrih. Jadi bila suatu saat nanti saya melihat ada orang yg marah-marah sama orang tuanya, saya akan bilang “bro, kenapa kau marah-marah ma orang tua kau? emang dulu waktu kecil kau dah bisa cebok sendiri?”

Selamat siang semuanya..

One thought on “Perjuangan Mengasuh Anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s