Asal Nama Singapura

Pagi ini, daripada saya membahas kerja KPK yang makin ga jelas sampai-sampai wartawan pun memboikot conference press nya, atau ngomongin Jokowi yang pamornya makin redup digantikan oleh kisat cinta Asmirandah, lebih baik saya bercerita tentang sejarah nama-nama kota di Dunia.
Saya mulai dari Singapura. Hampir semua orang yang membaca status saya ini pasti tahu di mana negara itu berada, bahkan mungkin sudah banyak yang pernah berkunjung ke sana ataupun sekedar transit. Negara ini menjadi tujuan wisata favorite karena letaknya yg tidak jauh dari Indonesia dan banyak maskapai yang menyediakan penerbangan kesana dengan harga yang telatif murah. Bahkan gossip nya “guru-guru DKI Jakarta yg penghasilannya meningkat pesat semenjak tunjangan pemda ataupun sertifikasi, kalo wisata ya ke singapura” Namun penulis belum pernah kesana, semoga ada kesempatan.
Walaupun begitu, saya akan coba menceritakan asal nama SINGAPURA. Asal katanya adalah SingaPure, gabungan kata dari Singa dan Pure. Menggabungkan dua bahasa, melayu dan Inggirs agar bisa menarik hati dua kutub bangsa. Maka tidak aneh bila SingaPure menjadi negara tempat transit baik orang ataupun barang, karena dari penamannya pun sudah jelas bahwa dia ingin mendekatkan diri dengan pemilik bahasa tersebut.
Singa adalah singa atau dalam bahasa inggirnysa Lion. Binatang yang menjadi raja hutan karena kegagahannya. Yang walaupun gagah dan gondrong, namaun tetap saja dia kalah oleh manusia yang walaupun botak, kecil, kurus tapi otaknya tok cer, seganas-ganasnya Singa namun dia tidak akan menghancurkan wilayah disekitarnya, hanya makan saat lapar, minum saat haus dan tidur saat sudah kenyang.
Jadi FIlosofi singa adalah seperti itu, walaupun gagah namun tidak rakus. Itulah cita-cita nenek moyang bangsa singapura. Ditambah lagi dengan kata PURE yang artinya adalah murni, jadi Singa nya itu betul singa asli, bukan singa jadi-jadian. Ada juga penjelasan lain bahwa penggunaan kata pure agar membedakan dengan nama kota di Indonesia SINGAPARNA.
Kira-kira seperti itulah arti kata singapura menurut saya, kalau salah minta maaf, kalau betul kayanya ga mungkin. heheheheheh
Selamat beraktivitas semuanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s