Mari kembangkan Industri

Salah satu tantangan terbesar dalam mengelola negara adalah memastikan bahwa setiap rakyat memiliki Uang baik itu untuk makan, tempat tinggal, kesehatan, pendidikan ataupun lainnya.

Salah satu cara agar mereka itu memiliki uang adalah dengan bekerja. Ada cara lain misalkan diberi bantuan tunai, sadaqoh, zakat, qurban dsb. Namun cara-cara itu hanyalah sesaat, sedangkan mereka butuh uang setiap hari.

Oleh karena itu, maka pemerintah harus memastikan bahwa setiap rakyat (yg sudah masuk kategori dewasa) harus memiliki pekerjaan tentu saja agar mereka punya uang. Karena bila mereka tidak mempunyai pekerjaan, sedangkan kebutuhan hidup terus mendesak maka akan berujung pada tindakan-tindakan kriminal.

Ada banyak sektor yang dapat dikelola menjadi pekerjaan, pertanian, perkebunan, kelautan, jasa ataupun industri. Nah pertanyaanya, bagaimana cara agar semua peluang pekerjaan tadi mencukupi kebutuhan rakyat Indonesia.

Luas daratan Indonesia mencapai 2 jt Km2, atau sekitar 200 Juta hektar. Dengan jumlah penduduk mencapai 230 Juta jiwa. Bila setengah daratan itu adalah hutan, maka hanya ada 100 jt hektar yg bisa digunakan untuk tempat tinggal dan bekerja.

jadi, rata-rata setiap penduduk Indonesia bisa memanfaatkan 0,5 hektar untuk bekerja. Nah pertanyannya selanjutnya, pekerjaan apa yg paling optimum dalam pemanfaatan luas lahan itu?

Bila dijadikan lahan pertanian, misalkan beras. Maka dalam setahun bisa 2 x panen. Bila produktifitaasnya 6ton/hektar (gabah kering), maka dalam satu tahun bisa menghasilkan (harga gabah 4 ribu) 24 juta. bila biaya produksi (pupuk, bibit, pestisida)adalah setengahnya maka dihasilkan 12 jt pertahun.

BIla ditanami sawit, pertahunnya rata-rata akan menghasilkan 20 Ton TBS, bila harga TBS adalah 1.200/kg maka dalam 1 tahun akan menghasilkan 24 jt. kurangi biaya produksi (pemanen, pupuk dll)

rata-rata, bila mengandalkan sektor pertanian/perkebunan, maka akan sulit sekali menghasilkan uang yg cukup untuk mencukupi kebutuhan hidup. oleh karena itu maka perlu dilakukan Industrilisasi.

Dsitulah peran tempat saya bekerja saat ini. Memastikan bahwa roda industri tetap bisa berjalan, sehingga orang-orang dewasa memiliki kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan.

Selamat malam.. selamat berakhir pekan

One thought on “Mari kembangkan Industri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s