Kawasan Industri Yokkaichi

Kawasan Industri Yokkaichi

Saat di sekolah dasar, kita pernah belajar tentang penyakit minamata yang disebabkan oleh merkuri yang berasal dari Limbah industri. Ternyata penyakit minamata bukan lah satu-satunya kasus yang terjadi di jepang yang disebabkan oleh pencemaran limbah Industri, setidaknya ada 2 kasus lagi yang terjadi di Jepang disebabkan oleh limbah industri yaitu penyakit Itai-itai d…an Yokkaichi asma.

Untuk penyakit itai-itai disebabkan oleh limbah yang mengandung Cadmium (Cd). Penyakit ini menyebabkan tulang menjadi patah-patah dan terjadi sakit yang luar biasa. Bahkan ada kasus dimana salah satu korban menderita patah-patah hingga 100 titik. Limbah ini berasal dari daerah pertambangan.

Kasus selanjutnya adalah Yokkaichi Asma. Asma yang terjadi di kota yokkaichi karena emisi gas buang khususnya senyawa sulfur dioksida (SO2) yang dihasilkan oleh industri petrokimia. peristiwa tersebut terjadi sekitar tahun 50-an. Pembukaan kawasan industri baru yang masih mementingkan industri dibandingkan dengan kesehatan masyarakat ddi lingkungan sekitar.

Selain penemaran udara yang menyebabkan penyakit asma, limbah cair yang dihasilkan menyebabkan pencemaran daerah sungai. Ikan dan tumbuh-tumbuhan banyak yang mati.

Pada tahun 60-an, Penduduk yang mengalami kerugian akibat kawasan industri melakukan perlawan dengan cara mengadukan kepada pengadilan. Setelah 5 tahun perjuangan, akhirnya masyarakat memenangkan gugatan. maka mulailah di atur tentang sistem pemantauan lingkungan yang meliputi beberapa aspek;

1. Pengaturan volume polusi udara
2. Penggunaan BBM berkadar sulfur ultra rendah
3. Cerobong gas buang harus lebih tinggi dari 30 meter

Selain itu, dibuat juga undang-undang kompensasi kerugian kesehatan yang mengatur tentang biaya ganti rugi bagi warga yang menjadi korban pencemaran tersebut.

Dengan langkah-langkah yang dilakukan tersebut, maka saat ini masyarakat dapat menikmati udara segar kembali. Pencemaran akibat limbah indsutri dapat dikurangi. Bahkan, di kawasan industri dibangun taman terbuka hijau yang cukup luas untuk tempat wisata bagi warga sekitar.

Gambar yang saya upload adalah kawasan industri yokkaichi pada saat ini. Foto diambil dari Yokkaichi port buliding

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s