Pengurangan anggaran dan implikasinya bagi peneliti

Meskipun saya ditempatkan di luar jakarta, namun saya selalu mengikuti perkembangan politik-ekonomi yang terjadi di Jakarta khususnya adalah kantor pusat. Salah satu berita yang cukup menarik adalah mengenai anggaran kementerian tempat saya bekerja yang anggarannya dipangakas lebih dari 25%, dari tahun 2013 sebesar 3,269 T menjadi sekitar 2,4 T (turun hingga 900 M).

kenapa anggaran nya dipangkas, karena tahun 2014 itu pemilu, anggarannya mencapai 16T,ditambah konsumsi BBM yg meningkat menyedot subsidi, belum lagi diberlakukannya uu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial BPJS yg menyedot anggaran hingga 8T.

Bagi pegawai rendahan seperti saya mungkin efeknya tidak terlalu kerasa, karena bagi saya yang penting take-home-pay tidak jauh berbeda dengan tahun ini. namun bila berfikir dalam sekala lebih besar, maka akan banyak sekali dampak yang terjadi akibat pemotongan tersebut.

Beberapa item yang dipotong bahkan dihapuskan meliputi:

1. Honor kegiatan. bagi saya yang jarang mendapatkan honor, kebijkan ini tidak akan terlalu berpengaruh, tapi bagaimana dengan kawan-kawan di jakarta yg gajinya sudah habis untuk menyicil rumah, bayar litrik, air dll?

2. Perjalanan dinas.. anggaran ini dipotong hingga 50%, positifnya adalah pegawai akan lebih sering berada dikantor, namun negatifnya adalah, apa yg harus dikerjakan di kantor bila tugas poko dia adalah pembinaan bagi industri?

3. Belanja modal dikurangi, bahkan mendekati nol rupiah.

Nah yang sedihnya adalah, karena anggaran dari jakarta dipotong, maka kantor di daerah harus lebih giat menghasilkan uang dari jasa pelayanan atau biasa disebut dengan PNBP. bagi pegawai non fungsional peneliti, mungkin ini tidak terlalu berpengaruh karena memang sudah menjadi tupoksinya, namun bagi peneliti?

Kenapa berpengaruh terhadap peneliti? karena penelitian itu adalah bidang yang menghabiskan uang, karna anggaran kurang, maka penelitian pun dikurangi, bila penelitian dikurangi, maka peneliti akan sulit mendapatkan poin dan juga koin.

apa solusinya? banyak-banyak berdo’a saja lah agar pemilu 2014 berjalan lancar, jadi tahun 2015 anggaran kementeirn saya dinaikkan kembali, kegiatan penelitian ditingkatkan sehingga para peneliti bisa menghasilkan penelitian yang berguna bagi industri dan sekaligus juga peneliti mendapatkan poin sekaligus koin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s