[Tanya] doktrin dan hirarki dalam militer

sampai sekarang saya masih sering bertanya dalam diri saya tentang doktrin militer. dann beberapa pertanyaan tersebut belum bisa/belum saya temukan jawabannya. mungkin ada kawan-kawan yang berkecimpung di dalam dunia militer bisa menjawabnya dan melepaskan dahaga keingintahuan saya:

1. dalam perang dunia ke-2, nazi melakukan pembantaian terhadap negara lain. selain itu nazi juga melakukan pembersihan ras di dalam negerinya sendiri. hal itu adalah ide yang dicetuskan oleh hitler yang saat itu menjadi pemimpin jerman. pertanyaan saya adalah : kenapa tentara mau melakukan perintah tersebut? okelah bila membantai warga negara lain, tapi kenapa para prajurit tetap patuh melaksanakan perintah dari atasan untuk melakukan pembantaian terhadap warga nya sendiri. kasus yang sama terjadi pada saat pembantaian di kamboja yang dilakukan oleh pol-pot yang menjadi korban hampir 2 juta jiwa atau bahkan lebih. kenapa para prajurit dan perwira menurut saja kepada pol-pot padahal yang mereka bunuh adalah warganya sendiri. kenapa ga si pol pot aja yang ditembak?

2. pada kasus g30s/pki, yang melakukan penculikan dan pembunuhan terhadap jendral-jendral dipimpin oleh seorang letkol untung. sekali lagi saya garis bawahi Pimpinan tertinggi pemberontakan itu hanyalah LETKOL. tapi kenapa para prajurit menuruti perintah letkol sehingga para prajurit itu berani membentak jendral bahkan membunuhnya? kasus ini kira-kira mirip dengan kudeta khadafi di libya, saat itu khadafi hanya berpangkat kolonel tapi kenapa dia bisa mengendalikan pasukannya untuk kudeta.

buat kawan-kawan yang berkecimpung dalam dunia militer atau pengamat militer, dalam hirarki kepemimpinan di militer, sebenarnya siapa yang harus dituruti? komandan langsung atau jendral yang paling tinggi?

*cuman nanya aja, kali aja ada yang bisa memuaskan saya.

Tinggalkan Balasan

